Senin, 23 Maret 2015

Uterus Mamalia



Uterus merupakan struktur saluran muskuler yang diperlukan untuk menerima ovum yang telah dibuahi dan perkembangan zigot.Uterus digantung oleh ligamentum yaitu mesometrium yaitu saluran yang bertaut pada dinding ruang abdomen dan ruang pelvis (Bearden and Fuquay, 1997).
            Dinding uterus terdapat 3 lapisanya itu lapisan dalam disebut endometrium, lapisan tengah disebut myometrium dan lapisan luar disebut perimetrium. Pada ruminansia, terdapat endometrim dengan penebalan terbatas, disebut karankula. Karankula ini banyak mengandung fibroblast dan vasikularisasinya ekstensif. Karankula adalah tonjolan-tonjolan yang menyerupai bentuk cendawan dari permukaan dalam uterus ruminansia yang merupakan tempat perlekatan membran fetus. Tipe-tipe Uterus antara lain (Frandson, 1992) :
Dupleks           : rodensia                                                           
Bicornua          : babi
Bipartitus         : ruminansia
Simpleks          : kuda, primata
            Uterus terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah cornua uteri atau tanduk uterus. Cornua uteri ini jumlahnya ada 2 dan persis menyerupai tanduk yang melengkung. Cornua uteri merupakan bagian uterus yang berhubungan dengan oviduct. Kedua cornuaini memiliki satu badan uterus yang disebut corpus uteri dan merupakan bagian uterus yang kedua. Corpus uteri berfungsi sebagai tempat perkembangan embrio dan implantasi. Selain itu pada corpus uteri terbentuk  PGF2 alfa. Bagian uterus yang ketiga adalah cervix atau leher uterus (Hafez, 1993).
            Jadi menurut literatur diatas, hewan coba mencit (Mus muscullus) memiliki uterus yang bertipe rodensia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar