Senin, 23 Maret 2015

Anatomi eksternal dan internal mamalia



Struktur anatomi eksteranal dari mencit (Mus muscullus) dibagi menjadi tiga bagian, yaitu caput truncus, dan caudal. Pada bagian caput, terdapat telinga (Auriculae), Nares, mulut (Oris), Porus acusticus externa, dan Organon visus. Pada bagian truncus, terdapat dada (Thorax), punggung (Dorsum), perut (Abdomen), pantat (Glutea), dan Perineum. Sedangkan anatomi internal dari mencit (Mus muscullus) antara lain Diafragma, sistem pencernaan, sistem pernafasan, sistem saraf, dan organ genetalia.
            Sistem pernafasan terdiri dari cor, pulmo, bronchus, trachea, larynx, glandula sublingualis, glandula submandibularis, glandula parotis. Alur-alur hidung mengandung tulang-tulang turbinal yang berkelok-kelok yang memperluas permukaan olfaktori. Laring beratap sebuah epiglottis yang mengandung pita-pita suara. Dua paru-paru masing-masing dalam ruang pleura yang terpisah. Fase aktif dalam pernapasan adalah inspirasi yang diikuti oleh depresi (perataan) dari diafragma dan elevasi dari tulang-tulang iga (dengan gerakan melengkung keluar) (Sorensen, 1975).
            Alat-alat saluran pencernaan dan glandula pencernaan antara lain Esophagus, Ventriculus, Duodenum, Intestinum tenue, Coecum, Taenia   Hustra, Incisura, Intestinum crasum, Rectum, Anus. Adapun glandula digestoria adalah Hepar, vesica fellea, pancreas. ductus choledochus, ductus hepaticus, ductus cysticus. Sistem Pencernaannya terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan terdiri atas (Frandson, 1992) :
1. Cavum Oris / rongga mulut
2. Pharinx
Pharynx terbagi atas 3 bagian :
a. Cavum naso pharyngeum, yang  berbatasan dengan cavum nasi 
b. Cavum oro- pharyngeum, yang  berbatasan dengan cavum oris
c. Cavum pharyngeum, yang berbatasan dengan larynx Cavum naso pharyngeum dan cavum oro pharyngeum dipisahkan oleh palatum molle.
3. Oesophagus
Merupakan saluran yang berjalan sepanjang leher menuju ke cavum thoracis menembus diafragma melalui hiastus oesophagus terus ke cavum abdominalis. Oesophagus bermuara ke dalam ventriculus di bagian medio-rostral.
4. Ventriculus
Adalah kelanjutan oesophagus yang melebar dan membentuk kantung,
5. Intestinum tenus
Intestinum tenus terdiri dari :
a. Duodenum, merupakan cranial dari usus halus, padanya bermuara kelenjar-kelenjar pencernaan, seperti hati, hepar,dan pankreas yang berwarna merah muda. 
b.Jejenum dan ileum, berbelit-belit dan merupakan kelanjutan dari duodenum.
6. Intestinum crassuma.
            Sedangkan organ-organ urogenital dari mencit adalah Ren, Ureter, Vesica urinaria, Uretra, Orificium ureterae, Glandula suprarenalis, Ovarium, Mesovarium, Ostium abdominal, Oviduct, Uterus, Vagina, Introitus vagina.            Encephalon, bagian otak yang terlihat pada saat dilakukan pembedahan secara dorsal adalah  Bulbus olfactorius, Hemispaerium cerebri, Fessura longitudinal,  Epiphysis,  Corpora quadrigemina, Vermis,  Lobus lateralis cerebri, Flocculus,  Medulla oblongata. Pada diapragma terdapat bagian-bagian yaitu Pers muscularis, Centrum tendineum,  Foramen varae cavane, Hiatus esophagus, Hiatus oarticus, Musculus psoas, Frocessus xiphrideus (Sorensen, 1975).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar