Senin, 23 Maret 2015

Sistem Pernapasan Ikan



Pernafasan adalah pertukaran CO2 (sisa-sisa proses metabolisme tubuh ygharus dibuang) dengan O2 (berasal dari perairan, dibutuhkan tubuh untuk prosesmetabolisme dsb). Organ utama pernapasan dari ikan adalah insang, organ tambahannya adalah paru-paru, labirin (Kotpal, 2009).

  Fungsi bagian-bagian insang (Pratama, 2009) :
 1. Tulang lengkung insang sebagai tempat melakeatnya tulang tapis insang dandaun insang, mempunyai banyak saluran-saluran darah dan saluran syaraf.
 2. Tulang tapis insang, berfungsi dalam sistem pencernaan untuk mencegahkeluarnya organisme makanan melalui celah insang.
 3. Daun insang, berfungsi sebagai dalam sistem pernafasan dan peredaran darah,tempat terjadinya pertukaran gas O2 dengan CO2.

 Mekanisme pernafasan (Garrison, 2007) :
 Pertukaran gas CO2 dan O2 terjadi secara difusi ketika air dari habitat yang masukmelalui mulut, terdorong ke arah daerah insang. O2 yang banyak dikandung didalam air akan diikat oleh hemoglobin darah, sedangkan CO2 yang dikandung didalam darah akan dikeluarkan ke perairan. Darah yang sudah banyak mengandungO2 kemudian diedarkan kembali ke seluruh organ tubuh dan seterusnya.

 Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan ikan akan O2 (Kotpal, 2009):
 1. ukuran dan umur (standia hidup) : ikan-ikan kecil membutuhkan O2
 2. aktivitas ikan : yang aktif berenang perlu O2
 3. Jenis kelamin : ikan betina membutuhkan O2
 4. Stadia reproduksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar